'''''''''SUDAHKAH ..ANDA ..SHOLAT ..HARI.. INI'''''''''

Rabu, 16 Maret 2011

Hasyim Muzadi: Akar Teror Bom Buku, Perang Ekstrem Keras dan Liberal

 M. Rizal - detikNews
Jakarta - Sekjen International Conference of Islamic Scholars (ICIS) KH Hasyim Muzadi mengatakan, akar dari teror bom buku di sejumlah tempat di Jakarta termasuk di markas Jaringan Islam Liberal (JIL) bervisi ideologi agama. Hasyim melihat aksi teror menunjukkan adanya pertarungan Islam garis keras dengan liberal.“Karena visi garis keras bergerak dalam bentuk ekstremisme atau terorisme, maka dia menjadi musuh hukum dan negara yang ditangani Densus 88 dan kelompok pembantunya kemudian ikut diserang,” kata Hasyim kepada wartawan di Jakarta, Rabu (16/3/2011).

Menurut mantan Ketua Umum PBNU ini, penanganan terorisme di Indonesia harus menyeluruh. Untuk itu, yang diperlukan adalah pendekatan visi keagamaan, hukum, intelijen dan pengamanan secara berbarengan.

Khusus soal pengeboman di markas JIl, ia mengatakan, bahwa liberalisme agama di satu sisi melunturkan militansi, namun pada sisi lain memancing penguatan militansi ektrimis tersebut. Sehingga yang paling tepat adalah tetap menggunakan pendekatan visi moderat, karena berlandaskan nasionalisme tapi religius.

“Sejak awal saya telah mengingatkan kepada seluruh warga NU dan kaum muslimin Indonesia pada umumnya, agar jangan ikut terpengaruh, apalagi masuk ke kelompok ekstrem agama," katanya.

Pengasuh pondok pesantren Al Hikam Malang dan Depok ini mengatakan, ada dua kelompok ekstrem yang masuk di Indonesia yaitu, ekstrem keras kanan (tatorruf tasyadudi), dan ekstrem lunak/liberal pro barat (tatorruf tasahuli). "Ekstrem keras, sedikit-sedikit bilang, bunuh, serang, kafir dan sebagainya," ujarnya.

Pada sisi lain, katanya, ekstrem sembrono atau liberal yang suka bilang, "Nabi Muhamad tidak maksum (terjaga dari kesalahan ) Al Quran tidak sakral, serta banyak ayat-ayat Al-quran yang expired, sehingga perlu reformasi. "Tuhan tidak perlu dibela, hak asasi melebihi agama dan sebagainya," paparnya.

Liberalisasi agama, lanjut Hasyim, sebenarnya bersatu dengan liberalisasi politik dan ekonomi dalam menggerakkan dan mempengaruhi negara berkembang. "Jadi jangan heran kalau JIL membela Ahmadiyah misalnya karena Ahmadiyah mengubah teks Al-Quran dan JIL tidak keberatan atas nama kebebasan,” jelasnya.

Dikatakannya, dalam satu titik waktu, kedua visi ini akan saling meledakkan. Ektrem keras misalnya dengan cara mengirim 'bom ulil' dan liberal pun akan menyerang dengan wacana 'kebebasan tanpa bentuk' atau mendorong kekuatan kekuasaan melakukan represi.

Baik ekstrem keras maupun ekstrem sembrono, lanjutnya, pada hakekatnya adalah gerakan global bukan intrinsik domestik Indonesia. Namun menggunakan Indonesia sebagai lahan konflik.

"Kalau sekarang sudah meledak seperti sekarang ini, artinya akan berbuntut panjang dan memerlukan kewaspadaan nasional, karena kedua visi itu telah merambah kemana-mana," paparnya.

Penanganannya, tegas Hasyim, harus komprehensif dan cermat karena sifatnya yang global. "Sesungguhnya yang murni Indonesia bukan keras, bukan sembrono, tapi moderat," pungkasnya

(zal/ape)


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar,baik buruk akan kami terima demi sempurnanya blog ini,tapi tetep jaga kesopanan